Selamat Datang

Friday, January 17, 2020

Teknologi Digital



  "TEKNOLOGI DIGITAL"


Image result for contoh teknologi yang dihasilkan dari fisika



A. PENGERTIAN TEKNOLOGI DIGITAL DAN ANALOG
Teknologi digital adalah teknologi yang dilihat dari pengoperasionalannya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia.

B. PERBEDAAN TEKNOLOGI DIGITAL DAN ANALOG
Istilah digital menunjuk kepada jari-jari kaki dan tangan, yang telah dipakai selama ribuan tahun untuk menghitung dan menggambarkan data-data numerik. Teknologi digital sendiri merupakan sistem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu.

1. Perbedaan menurut cara kerjanya
System digital merupakan bentuk sampling dari system analog. Digital pada dasarnya di code-kan dalam bentuk bilangan biner (Hexa). Besarnya nilai suatu system digital dibatasi oleh lebarnya/ jumlah bit (bendwidth).
Pada system analog, terdapat amplifier di sepanjang jalur transmisi. Setiap amplifier menghasilkan penguatan (gain), baik menguatkan sinyal pesan maupun noise tambahan yang menyertai di sepanjang jalur tranmisi tersebut. Pada sistem digital, amplifier digantikan regenerative repeater.

2. Perbedaan Menurut Pesan Atau Message
Pesan analog adalah kuantitas fisik yang bervariasi terhadap waktu dan dalam bentuk continue. Contoh sinyal analog adalah tekanan akustik yang dihasilkan ketika kita berbicara dan arus voice pada saluran telepon konvensional.
Pesan digital adalah deratan symbol yang merepresentasikan informasi. Karena informasi terkandung dalam symbol-simbol, maka system komunikasi digital harus dapat mengangkut symbol-simbol tersebut dengan tingkat akurasi tertentu.


C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI DIGITAL

1.      Kelebihan Teknologi Informasi Digital
a.    Keutuhan data pada saat proses transmisi
b.    Sistem Komunikasi Yang Fleksibel
c.    Efisinsi Biaya 

2. Kekurangan Teknologi Digital 
a.    Kesalahan pada saat digitalisasi
b.    Dominasi dunia oleh Teknologi analog 
c.     Investasi Publik  

No comments:

Post a Comment

Pelangi

Proses Terjadinya Pelangi