Selamat Datang

Saturday, February 1, 2020

Sumber Energi Alternatif

10 Sumber Energi Alternatif Beserta Pengertian& Contoh


Seiring dengan semakin berkembangnya pengetahuan manusia tentang sumber energi alternatif, maka semakin banyak juga jenis sumber alternatif yang tersedia di alam. Ke semua jenis energi alternatif tersebut memiliki manfaatnya masing-masing untuk manusia. Bahkan setiap manusia dan makhluk hidup, memerlukan energi tersebut untuk mengganti sumber energi lain yang mulai habis.




Jenis-jenis energi alternatif tersebut tidak akan habis, walaupun digunakan secara terus menerus oleh manusia atau makhluk hidup lainnya. Inilah kebesaran Tuhan, yang sudah menciptakan banyak energi alternatif untuk kebutuhan dan kelangsungan hidup setiap manusia. Sumber energi tersebut juga sudah tersedia di alam, dan dapat kita gunakan kapan saja.
Berikut ini penjelasan singkat seputar sumber energi alternatif. Mulai dari Pengertian energi alternatif, manfaat energi alternatif, jenis jenis energi alternatif, keuntungan energi alternatif, sumber energi alternatif, dll.

SUMBER ENERGI ALTERNATIF MATAHARI


                                                     Sumber energi Alternative Matahari


Matahari merupakan sumber energi utama bagi manusia yang ada di planet bumi, energi yang dihasilkan oleh matahari berwujud sinar dan juga panas. Panas matahari itulah yang dibutuhkan oleh manusia, dan selama ribuan tahun manusia sudah memanfaatkan energi dari sinar matahari tersebut. karena energi matahari banyak manfaatnya untuk manusia dan makhluk di bumi.
Energi yang berasal dari matahari ini dapat dimanfaatkan langsung oleh manusia, misalnya untuk menjemur pakaian agar cepat kering. Membuat garam dan untuk kesehatan manusia juga, masih banyak manfaat lainnya dari energi matahari ini. sinar matahari telah dikonsentrasikan pada kolektor suhu, di suatu tempat untuk mendapatkan suhu yang tinggi.
Bahkan energi matahari ini juga dapat diubah menjadi energi listrik, listrik yang dihasilkan dengan mengubah energi matahari telah menggunakan sel surya yang terdiri dari beberapa rangkaian panel unsur semikonduktor. Contohnya yaitu lapisan unsur silikon yang tipis.

SUMBER EENERGI ALTERNATIF PANAS BUMI


                                                Sumber energi Alternative Panas Bumi
Energi panas bumi merupakan jenis energi yang berasal dari dalam bumi, panas bumi tersebut biasanya muncul di permukaan bumi yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik atau gunung berapi. Ada 3 sumber utama panas geotermal, yaitu uap alam, air yang panas dan bebatuan yang kering dan panas.
Air panas tersebut sudah dimanfaatkan secara luas untuk segala kegiatan yang berhubungan dengan pemanasan. Namun pemakaiannya sendiri untuk pembangkit tenaga hingga kini masih menjadi penelitian. Sedangkan batuan kering panas merupakan sumber panas yang paling besar yang disediakan oleh alam, dan masih menjadi penelitian juga bagaimana penggunaannya yang tepat.

SUMBER ENERGI ALTERNATIF ANGIN

                                                 Sumber energi Alternative Angin

Sumber energi alternatif yang berikutnya adalah angin, energi angin adalah suatu energi yang berasal dari hembusan angin. Ada beberapa negara yang kini mulai melirik pemanfaatan energi angin tersebut, yang akan digunakan sebagai sumber energi. Salah contohnya kincir angin di Belanda yang digunakan untuk memompa air untuk irigasi.
Kincir angin di Belanda memiliki ukuran yang sangat besar dan juga berat, sehingga kelihatannya putarannya lambat. Padahal baling-baling yang besar dan berat tersebut mampu menghasilkan tenaga yang juga besar. Energi angin juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik yang menggunakan kincir angin, yang disambungkan menggunakan generator untuk menghasilkan listrik

SUMBER ENERGI ALTERNATIF HYDROPOWER

                                             Sumber energi Alternative HydroPower



Energi hydropower adalah suatu energi listrik yang dihasilkan dari kekuatan air, energi yang satu ini dibuat dengan cara membendung air sungai. Lalu menggunakan pipa air tersebut untuk kemudian diarahkan menuju turbin. Prinsip utama dari pembangkit listrik tenaga air ini adalah bagaimana jatuhnya ke turbin, dan seberapa banyak jumlah air yang sudah mengalir.
Maka dari itu PLTA akan bergantung pada sedikit banyaknya pasokan air yang ada. PLTA membutuhkan sumber atau jumlah air yang sangat besar. Misalnya danau atau waduk, maka para peneliti dapat menentukan tempat yang tepat untuk membangun sebuah waduk dan stasiun pembangkit tenaga listrik.

SUMBER ENERGI ALTERNATIF GAS ALAM

                                             Sumber Energi Alternative Gas Alam

Energi alternatif lainnya yang memiliki manfaat untuk manusia yaitu energi gas alam, yang merupakan suatu gas yang terkumpul di bawah tanah yang terdiri dari berbagai macam komposisi campuran hidrokarbon yang memiliki daya tekan yang tinggi. Gas alam yang sudah diolah, kita kenal dengan gas elpiji.
Manfaat dari gas elpiji tersebut sangat banyak, salah satunya adalah untuk memasak. Gas elpiji juga bahkan dapat digunakan untuk kendaraan bermotor, dan untuk menggerakkan mesin-mesin di suatu pabrik. Kini sumber energi gas alam ini sudah banyak dimanfaatkan, untuk pembangkit listri tenaga gas atau PLTG.
Pengertian energi alternatif, manfaat energi alternatif, jenis jenis energi alternatif, keuntungan energi alternatif, sumber energi alternatif, dll.

SUMBER ENERGI ALTERNATIF HIDROGEN













                                                    Sumber Energi Alternative Hidrogen



Perlu anda ketahui bahwa energi alternatif hidrogen dapat diubah menjadi bahan bakar sebagai pengganti BBM. Bahkan energi hidrogen ini diklaim lebih baik dibandingkan BBM, karena bahan bakar hidrogen tidak akan menghasilkan polusi yang berbahaya sehingga tidak akan merusak alam atau bumi kita. Apalagi persediaannya tidak akan cepat habis karena menggunakan air.
Cara pembuatannya yaitu hanya menggunakan air yang kemudian dibakar seperti bensin. Namun untuk menggunakan energi hidrogen ini memang membutuhkan banyak energi. Jika energi yang digunakan itu berasal dari bahan bakar fosil, maka keuntungan yang akan didapat minimal sehingga membutuhkan sumber energi yang harus diperbaharui.

SUMBER ENERGI ALTERNATIF BIOMASSA

                                                Sumber Energi Alternative Bio Massa 

Biomassa adalah massa pada tumbuhan dan juga kotoran hewan yang mampu memberikan energi, baik dibakar langsung atau pun diubah terlebih dahulu ke bahan lain agar proses pembakarannya menjadi lebih mudah. Sumber energi biomassa ini berasal dari setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi.
Diantaranya adalah sisa atau pembuangan dari kotoran manusia atau hewan, karena instalasi energi biomassa ini dapat dibangun melalui tangki kotoran manusia atau hewan. Sedangkan gas yang keluar dari instalasi tersebut disebut dengan biogas.

SUMBER ENERGI ALTERNATIF BIOFUEL


                                                 Sumber Energi Alternative Biofuel


umber energi alternatif yang berikutnya adalah biofuel yang merupakan suatu jenis energi yang berasal dari bahan-bahan nabati. Seperti misalnya minyak bumi, tanaman jarak, jagung, dan lain sebagainya. Energi yang satu ini juga dapat digunakan sebagai bahan bakar, yang biasa disebut dengan bahan bakar nabati atau BBN.
Bahan bakar nabati adalah jenis bahan bakar yang berbentuk biodiesel dan bioetanol, kedua jenis energi tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan. Biofuel yang berbentuk biodiesel biasanya dibuat dari minyak nabati. Namun kelemahan dari biodiesel ini tidak cocok digunakan untuk bahan bakar kendaraan yang memerlukan kecepatan atau daya tinggi.


SUMBER ENERGI ALTERNATIF TIDAL

                                                    Sumber Energi Alternative Tidal

Energi tidal adalah energi pasang surut yang terdapat pada air laut, energi yang satu ini mungkin masih asing di telinga kita atau bahkan belum pernah didengar sebelumnya. Jika dibandingkan dengan energi angin dan energi surya, energi tidal ini memang tidak terlalu dikenal. Namun memiliki beberapa keunggulan yaitu memiliki aliran energi yang lebih mudah untuk diprediksi.
Selain itu energi tidal ini juga lebih hemat ruang, dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit. Kelemahan dari energi tidal diantaranya yaitu membutuhkan alat konversi yang handal dan mampu bertahan di air laut, terutama tingkat korosi dan dari kuatnya arus serta badai laut. Karena prinsip kerjanya adalah saat air pasang maka air laut dengan volume jutaan kubik naik ke daratan.
Pengertian energi alternatif, manfaat energi alternatif, jenis jenis energi alternatif, keuntungan energi alternatif, sumber energi alternatif, dll.

SUMBER ENERGI ALTERNATIF GELOMBANG LAUT

Sumber Energi Alternative Gel.Laut

Bukan hanya energi tidal yang memanfaatkan air laut, tetapi energi yang satu ini juga dapat dimanfaatkan yaitu energi gelombang laut. Energi yang berasal dari gelombang laut tersebut dapat dikonversi menjadi tenaga listrik. Prinsip kerjanya adalah dengan mengumpulkan energi dari gelombang laut, untuk memutar turbin pada generator.
Kini sudah ada beberapa negara yang telah berani mengembangkan energi gelombang laut tersebut, sebagai salah satu potensi yang berasal dari laut yang manfaatnya cukup banyak untuk manusia.



No comments:

Post a Comment

Pelangi

Proses Terjadinya Pelangi